BUKAN SEKEDAR EUFORIA

Bacaan:1 Tawarikh 16:8

Bersyukurlah kepada TUHAN, panggillah nama-Nya, perkenalkanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa!

Secara harfiah, arti euforia adalah kebahagiaan ekstrem dalam situasi tertentu dan terkadang melebihi kewajaran. Dalam ilmu psikologi, euforia didefinisikan sebagai peningkatan suasana hati dan kebahagiaan yang tidak mencerminkan realitas keadaan yang sesungguhnya. Ketika kita mengalami euforia, kita  akan mengalami peningkatan perasaan bahagia yang berlebihan dan sangat positif. Perasaan bahagia yang ditunjukkan dalam kondisi ini dianggap berlebihan dan tidak wajar, jika dibandingkan dengan perasaan bahagia sebagaimana biasanya.

Ungkapan kegembiraan Raja Daud, dinyatakan melalui puji-pujian yang luar biasa. Ungkapan pujian ini karena Daud telah berhasil meletakkan Tabut Perjanjian ke kemah yang telah disediakan dengan selamat.

Ungkapan Daud bukan hanya sekedar euforia tapi mengandung beberapa pesan buat kita umat percaya :

Pertama, Setiap orang percaya harus bersyukur karena telah menerima keselamatan, hidup yang kekal di dalam Tuhan Yesus Kristus. Oleh karena itu setiap orang percaya diperintahkan selalu bersyukur atas karya keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus yang telah diterima.

Nama Tuhan adalah nama yang paling berkuasa. Nama itulah yang menggetarkan segala kuasa si jahat, nama itulah yang membebaskan manusia dari belenggu si jahat, nama Yesus yang menguatkan setiap orang percaya dalam memberitakan setiap karya Allah.

Kedua, Setiap orang percaya berkewajiban untuk bersaksi, memperkenalkan perbuatan-perbuatan Allah yang besar, yang telah menyelamatkan manusia dan memperoleh hidup yang kekal di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Ketiga, Setiap orang percaya wajib memberitakan karya Allah, di mana karya Allah ini di dalam Tuhan Yesus yang sudah mati dan bangkit menyelamatkan manusia berdosa sehingga memperoleh hidup yang kekal.

DOA

Terimakasih atas keselamatan yang sudah Tuhan anugerahkan. Beri kami kekuatan mempersaksikan kepada dunia.

(FK)

Photo: istimewa

Share

Recent Sermons