KEKUATAN DOA

Bacaan: Kolose 1:9-14

1:9 1 Sebab itu sejak waktu kami mendengarnya, q  kami tiada berhenti-henti berdoa untuk kamu 2 . r  Kami meminta, supaya kamu menerima segala hikmat dan pengertian s  yang benar, untuk mengetahui kehendak t  Tuhan dengan sempurna, 1:10 sehingga hidupmu layak u  di hadapan-Nya serta berkenan kepada-Nya v  dalam segala hal, dan kamu memberi buah dalam segala pekerjaan yang baik dan bertumbuh dalam pengetahuan w  yang benar tentang Allah, 1:11 dan dikuatkan dengan segala kekuatan x  oleh kuasa kemuliaan-Nya 3  untuk menanggung segala sesuatu dengan tekun dan sabar, y  1:12 dan mengucap syukur dengan sukacita kepada Bapa, z  yang melayakkan kamu untuk mendapat bagian a  dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang kudus di dalam kerajaan terang. b  1:13 Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan 4  c  dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan d  Anak-Nya yang kekasih; e  1:14 di dalam Dia kita memiliki penebusan f  kita, yaitu pengampunan dosa. g 

Bacaan kita mengisahkan Rasul Paulus sungguh bersyukur atas ketaatan iman  serta implementasi kasih jemaat di Kolose. Betapa setia jemaat di Kolose atas pengharapan yang disediakan di Sorga dalam  Iman Kristus Yesus.  Atas hal tersebut maka Rasul Paulus  tidak henti – hentinya berdoa untuk Jemaat di Kolose agar selalu menerima hikmat dan pengertian yang benar untuk mengetahui Kehendak Tuhan dengan Sempurna ( Kolose 1 : 9 ) Doa yang dinaikkan Rasul Paulus bukan untuk dirinya sendiri tapi untuk Jemaat Kolose dengan segala pengharapan yang baik.

Ucap syukur dan Doa dua hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan kita umat Kristen. Segala sesuatu yang kita nikmati hari lepas hari  adalah betul betul karena belas kasih Allah saja. Bisakah terjadi saat kita tidur  malam,  pagi harinya kita tidak terbangun lagi ? sangat bisa terjadi karena kehidupan kita hanyalah Anugerah Allah semata.  Untuk itu ucapan syukur pasti kita naikkan dalam doa pagi hari kita , dimana masih diberikan kesempatan untuk menikmati kehidupan karena Kasih Allah kepada kita. Lalu segala kebaikan itu kita balas dengan apa ?

Allah hanya mengharapkan kita untuk terus bertahan dalam Iman , tetap setia dan mau melakukan segala sesuatu yang dikehendaki-Nya. Lalu bagaimana kita tahu kehendak-Nya? Doa. Itulah yang kita lakukan, berdoa setiap saat setiap waktu. Doa adalah sarana komunikasi kita dengan Allah. Seiring waktu,  dengan terus berkomunikasi dalam Doa  maka kita akan tahu kehendak Allah Bapa kita. Biarkan Allah juga memberikan perintah atau kehendak-Nya dalam doa kita. Selama ini mungkin kita egois , dalam doa selalu memohon, meminta dan lupa untuk mendengarkan suara /kehendak Allah. Bahkan mungkin saking egoisnya yang kita doakan hanya kepentingan diri sendiri atau keluarga terdekat kita saja. Bahkan doa – doa kita kadang memaksa Allah untuk menjawab sesuai keinginan kita. Saat apa yang kita mohonkan tidak terjawab, kita menyalahkan diri sendiri : doanya kurang kencang, kita kurang doanya   atau bahkan menyalahkan Allah. Kita lupa bahwa Allah bisa menjawab doa kita tidak selalu baik sesuai keinginan kita , Allah bisa menjawab doa kita berupa  tantangan atau bahkan hal yang tidak kita harapkan, itu terjadi  agar kita semakin tekun dan setia.

Rasul Paulus mengajar kita untuk mendoakan dengan tulus atas semua orang terutama orang-orang yang setia dalam Iman Kristus  supaya mereka terus mendapat hikmat,  semakin dikuatkan, semakin berbuah. Kondisi saat ini banyak hamba-hamba  Tuhan , Gereja , Tenaga kesehatan yang mungkin harus berjibaku menghadapi pandemic ini.  Alangkah baiknya kita juga memasukkan dalam pokok doa harian kita untuk orang-orang yang terus setia dalam pelayanan. Tengok juga kanan kiri kita, siapa tahu ada   kerabat/saudara   yang perlu didoakan, berbagi Kasih tidak hanya berupa fisik spt yang viral sekarang ini, tapi ketulusan doa kita juga menjadi kekuatan bagi saudara2 kita yang membutuhkan apalagi saudara seiman yang setia dan takut akan Tuhan.  GKJ Serpong sudah bergerak ,  diawali oleh KWD untuk melakukan doa bersama, setiap Kamis Malam,  mari kita dukung dan lakukan dengan konsisten penuh ketulusan hati. Doa adalah sumber utama kekuatan kehidupan kita, jangan pernah terhenti doa dan  mengucap syukur supaya kita layak mendapat bagian dalam Kerajaan Sorga. Tapi kitapun harus ingat  bahwa Jawaban Tuhan akan indah dan tepat pada waktunya.

 

(ECP)

Photo:Istimewa

 

 

Share

Recent Sermons