SINERGI DALAM KRISTUS

SINERGI DALAM KRISTUS

Bacaan: 1 Korintus 12:27-31

(27) Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. (28) Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. (29) Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, (30) atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? (31) Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.

Apakah saudara terkasih masih ingat akan ilmu Biologi yang kita pelajari di Sekolah? Ada satu bab pelajaran yang membahas tentang organ dan fungsi dari organ yang menyusun tubuh makhluk hidup. Dalam bab itu dijelaskan, bahwa semua organ bekerja sesuai dengan fungsi masing-masing. Organ-organ tesebut kemudian akan membentuk satu kesatuan yang disebut fungsi organ.

Ketika ada salah satu organ tubuh yang terganggu fungsinya, pasti akan berdampak terhadap tubuh kita secara keseluruhan. Jika organ tubuh kita baik, metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan baik. Pun ketika ada organ tubuh yang terganggu, metabolisme juga akan terganggu.

Melalui bacaan kita hari ini, Rasul Paulus mengingatkan kita bahwa kita ini adalah anggota tubuh Kristus yang membentuk kesatuan tubuh Kristus. Sama seperti apa yang kita pelajari dalam ilmu Biologi, sebagai anggota tubuh Kristus kita punya peran dan tugas masing-masing. Semua akan saling membutuhkan dan membentuk satu kesatuan. Tidak ada peran yang lebih penting dari peran yang lain.

Jika masing-masing organ dalam tubuh Kristus menjalankan perannya masing-masing dan bersinergi, kesatuan tubuh Kristus dapat terwujud. Metabolisme dalam tubuh Kristus dapat berjalan dengan baik sehingga kita sebagai satu kesatuan tubuh Kristus dapat berdampak dan berbuah bagi sesama.

Mari kita mewujudkan kesatuan tubuh Kristus dengan menjalankan peran kita masing-masing, seperti lirik lagu pujian Kidung Jemaat 258 bagian 2 :

Satu tubuh kita, meski banyak anggota,

satu sakit sakit semua.

Satu mulia, mulia semua.

Satu tubuh kita dalam Yesus Kristus

 

(EDW)

Photo: Komisi Multimedia

Share

Recent Sermons