BIJAKSANA IS ACTION

BIJAKSANA IS ACTION

Bacaan: Roma 16: 17 -20

 Peringatan

16:17 Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka 1 , yang bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima, z  menimbulkan perpecahan dan godaan. Sebab itu hindarilah mereka! a  16:18 Sebab orang-orang demikian tidak melayani Kristus, b  Tuhan kita, tetapi melayani perut c  mereka sendiri. Dan dengan kata-kata mereka yang muluk-muluk dan bahasa mereka yang manis mereka menipu d  orang-orang yang tulus hatinya. 16:19 Kabar tentang ketaatanmu telah terdengar e  oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat 2 . f  16:20 Semoga Allah, sumber damai sejahtera, g  segera akan menghancurkan h  Iblis i  di bawah kakimu. Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu! j 

 

Dimasa pandemi ini saya berusaha untuk mengubah kebiasaan baru dengan berolahraga, tidak mudah memang memulainya, dan terasa sangat berat, Cuma dalam pikiran saya , saya harus bisa tetap sehat mengingat pekerjaan yang mengharuskan bertemu dengan orang dan tidak bisa dikerjakan secara work from home. Sebagai pelayanan publik saya harus sehat harus melatih fikiran juga tenang dan tetap sigap dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada waktu awal saya memulai bangun pagi pada pukul 05.00 , menurut saya ini lebih baik dibandingkan dengan waktu sebelumnya yang saya bangun sekitar pukul 05.30 , dimana dengan pukul 05.00 pagi saya bisa mengambil waktu bersekutu dengan TUHAN , membuat segelas kopi pahit, kemudian memulai olah raga bersepeda jam 05.30 sampai jam 06.15 kadang bisa juga jam 06.30 kemudian baru bersiap siap sarapan dan melakukan rutinitas pekerjaan seperti biasanya .

Namun, saya sadar akan ada satu hal yang belum tepenuhi dengan baik ketika saya melakukan hal tersebut , seakan ada semacam kerinduan dan serta sekaligus kekosongan batin yang harus di isi, karena ternyata waktu yang saya gunakan bersama dengan Tuhan sangatlah sedikit dan menyapa Tuhan sambil lewat saja tanpa ada sesuatu arti dan kesan , sehingga untuk selanjutnya saya memberanikan diri bangun lebih pagi, di jam 04.30 , dimana dengan waktu tersebut bisa melakukan banyak hal dan bisa merasakan hadirat Tuhan di pagi hari sebelum memulai kegiatan setiap hari.

Didalam kitab Roma ini , saya belajar dari Rasul Paulus dimana dalam ayat 19 dikatakan “Kabar tentang ketaatanmu telah terdengar e oleh semua orang. Sebab itu aku bersukacita tentang kamu. Tetapi aku ingin supaya kamu bijaksana terhadap apa yang baik, dan bersih terhadap apa yang jahat”

Seperti nasehat Rasul Paulus didalam kita hidup di Gereja kita harus menjadi bijaksana dalam segala hal, segala sesuatu yang baik yang bisa memuliakan Tuhan harus kita usahakan, dan kita harus bisa meraih hubungan intim dengan Tuhan, supaya kita didalam kehidupan ini bisa lebih Jernih melihat dan mendengar suara Tuhan dalam kehidupan yang kadang tidak menentu ini . Bijaksana bukan konsep awang awang tetapi ACTION. Amin

 

 

(SR)

 

Photo: Istimewa

Share

Recent Sermons