PERLENGKAPAN ROHANI

PERLENGKAPAN ROHANI

Bacaan: Efesus 6 : 10-20

6:10 Akhirnya, hendaklah kamu kuat di dalam Tuhan, s  di dalam kekuatan kuasa-Nya. t  6:11 Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, u  supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis 1 6:12 karena perjuangan kita bukanlah melawan darah v  dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, w  melawan penguasa-penguasa, x  melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat 2  di udara. y  6:13 Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, z  supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu. 6:14 Jadi berdirilah tegap, berikatpinggangkan a  kebenaran dan berbajuzirahkan b  keadilan, 6:15 kakimu berkasutkan kerelaan untuk memberitakan Injil damai sejahtera; c  6:16 dalam segala keadaan pergunakanlah perisai iman, d  sebab dengan perisai itu kamu akan dapat memadamkan semua panah api dari si jahat, e  6:17 dan terimalah ketopong keselamatan f  dan pedang Roh 3 , g  yaitu firman Allah, h  6:18 dalam segala doa dan permohonan. i  Berdoalah setiap waktu j  di dalam Roh 4  k  dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu dengan permohonan yang tak putus-putusnya l  untuk segala orang Kudus, 6:19 juga untuk aku, m  supaya kepadaku, jika aku membuka mulutku, dikaruniakan perkataan yang benar, agar dengan keberanian n  aku memberitakan rahasia o  Injil, 6:20 yang kulayani sebagai utusan p  yang dipenjarakan. q  Berdoalah supaya dengan keberanian aku menyatakannya, sebagaimana seharusnya aku berbicara.

 

Mulai awal tahun 2020 sampai sekarang dunia dicengkram oleh pandemi COVID-19 termasuk Indonesia. Pasien yang terpapar COVID-19 tidak memandang usia, jenis kelamin, status semua menjadi korban dari penyebaran virus ini. Bahkan, tidak sedikit dari para pasien yang terpapar COVID-19 meninggal dunia. Jumlahnya sangat besar mencapai jutaan orang dari seluruh dunia.

Ancaman paparan COVID-19 yang awalnya terasa jauh, kini terasa begitu dekat dengan kehidupan kita. Sanak saudara, teman, sahabat bahkan keluarga dekat menjadi korban dari virus ini. Kondisi ini sangat merisaukan dan menjadi pergumulan hebat bagi manusia. Kondisi pandemic membuat semuanya tiba-tiba berubah dan menjadi serba tidak bebas.

Terlebih efek dari pandemi ini turut mempengaruhi laju perekonomian negara, perusahaan dan tentunya mempengaruhi ekonomi individu.  Berat & membuat menderita. Serbuan panah-panah api begitu dahsyat.

Dari surga kah penyakit covid ini? Sudah tentu bukan! segala yang buruk yang datang kepada kita termasuk virus COVID-19 ini  bukan berasal dari surga tetapi dari bumi ini. Panah api dari Si jahat.

Efesus 6:10-20 kita pergunakan perlengkapan senjata Allah. Allah menyediakan perangkatnya dari kepala hingga kaki secara terperinci. Allah ingin kita kuat dan mampu bertahan dan menang. Tuhan Yesus yang hidup mengalahkan maut, memberi kita kuasa dalam Roh Kudus untuk berkemenangan.

Jika program-program komputer kekinian bisa diserang oleh virus-virus yang memunculkan program sebaliknya; anti virus, tetapi kepada manusia, Allah telah sejak awal lebih dahulu melengkapi kita dengan senjata-senjata rohani dalam peperangan rohani ini.

Marilah kita tetap saling bersehati, saling menopang bersiap dan berjaga-jaga berteguh dalam iman, berikat pinggangkan kebenaran firmanNya, berbaju zirahkan keadilan dalam Kristus, berkasutkan kerelaan, berperisai iman dan berketopongkan keselamatan dalam Kristus serta berpedang roh firman Allah setiap waktu.

Semoga kita dalam pimpinanNya selalu.

 

(WH)

Photo:Istimewa 

Share

Recent Sermons