SIKAP KITA DENGAN DUNIA

SIKAP KITA DENGAN DUNIA

Bacaan: Yohanes 15:16-25.

15:16 Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, p  supaya kamu pergi dan menghasilkan buah 1  q  dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, r  diberikan-Nya kepadamu. 15:17 Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain. s 

 Dunia membenci Yesus dan murid-murid-Nya

15:18 “Jikalau dunia membenci kamu, t  ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu. 15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu u  dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. v  15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. w  Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu 2 ; x  jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. 15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, y  sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku. z  15:22 Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, a  mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka! b  15:23 Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku. 15:24 Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan c  orang lain, mereka tentu tidak berdosa. d  Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku. 15:25 Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat e  mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan. f 

Sikap kita terhadap dunia,jika kita dibenci dunia,maka janganlah heran karena dunia juga membenci YESUS dan dunia membenci kita karena:

  1. Kita bukan berasal dari dunia;setelah kita ditebus oleh dari YESUS,maka kita beralih dari dunia(artinya:bukan memikirkan dan mengikuti dunia)tetapi sekarang kita adalah warga kerajaan Sorga,yang kita pikirkan adalah pikiran yang diatas bukan yang dibumi, memang masih ada disekeliling kita ini,jika kita melakukan kebenaran justru tidak disenangi karena dunia tidak mengerti bahwa kebenaran itu telah membebaskan kita dari hal-hal yang tidak benar,tetapi tetaplah pertahankan kebenaran itu,dan dengan Firman kebenaran itulah kita akan dikuatkan,Puji TUHAN.
  2. Dunia tidak mengenal YESUS dan BAPA; memang untuk mengenal yang tidak kelihatan ini adalah hal yang sukar,tetapi bagi yang beriman kepada YESUS tidaklah tahu,karena hal ini merupakan pengalaman pribadi bagaimana YESUS kita.

Bagaimana sikap kita terhadap dunia yang membenci kita?

TUHAN YESUS mengatakan bahwa kita harus BERSAKSI.

Bersaksi kepada dunia bahwa kita tidak terpengaruh dengan kebencian dunia terhadap kita dan kita harus mempertontonkan iman kita kepada mereka,sehingga dunia bisa melihat bagaimana sikap kita kepada dunia.

 

Untuk menjadi kuat, hendaklah kita tetap bersukacita, sebab Firman Tuhan mendorong kita agar tetap bersukacita di dalam segala keadaan. Sukacita Tuhan adalah kekuatan kita. Sukacita yang Tuhan berikan berbeda dengan kesenangan yang dunia tawarkan. Bersukacitalah karena Tuhan, supaya kita tetap kuat di dalam Dia. Selain itu, kita wajib memiliki pengharapan di dalam Tuhan, sebab pengharapan di dalam Tuhan tidak pernah mengecewakan, sehingga kita akan dikuatkan.

 

 

(FA)

 Photo: Istimewa

Share

Recent Sermons