FIRMAN TUHAN TERANG BAGI JALANKU

FIRMAN TUHAN TERANG BAGI JALANKU

Bacaan 1 : Amsal 8 : 32-9:6 Bacaan 2 : Ibrani 11:29-12: 2 Mazmur 73 : 1-20

Nats : Amsal 8:32-34

Oleh sebab itu, hai anak-anak, dengarkanlah aku, karena berbahagialah mereka yang memelihara jalan-jalanku. Dengarkanlah didikan, maka kamu menjadi bijak; janganlah mengabaikannya. Berbahagialah orang yang mendengarkan daku, yang setiap hari menunggu pada pintuku, yang menjaga tiang pintu gerbangku.

Saat sedang duduk disuatu ruang tunggu, mata saya tertuju pada seorang bocah kecil balita yang sangat aktif, melompat-lompat dikursi sambil tertawa riang.  Ibunya berusaha menenangkan bocah kecil itu dan menasehatinya agar tidak terus melompat-lompat dikursi,  namun bocah tersebut tidak menghiraukannya,  dan semakin semangat melompat.  Tiba-tiba bocah itu pun terpeleset jatuh ke lantai,  kepalanya membentur lantai. Bocah kecil itu menangis  sambil berteriak kesakitan dan memukuli ibunya. Ibunya segera menggendong bocah itu memberi minum,  mengusap kepalanya dan berusaha menenangkan bocah tersebut, Ia tidak peduli si bocah tersebut berusaha memukulnya sambil menangis keras karena malu.

Terkadang sikap kita sebagai anak-anak Tuhan sama seperti bocah itu, tidak  menghiraukan perintah dan nasihat Tuhan yang tercantum dalam firman Tuhan. Pada  saat kita terjatuh dalam dosa dan masalah  dengan mudahnya kita menyalahkan Tuhan,  mengatakan bahwa Tuhanlah yang memberikan kita segudang masalah.

Firman Tuhan yang tercantum dalam Alkitab banyak mengajarkan kita tentang berbagai pengetahuan dan hikmat.  Bahkan bagaimana kita harus bersikap dan berelasi dengan Tuhan,  pasangan,  sesama,  anak, orang tua,  pemerintah, semua tercantum jelas didalam alkitab. Apa yang dilarang dan apa yang dikehendaki Tuhan untuk kita perbuat sudah jelas tercantum disana.

Jadi bagaimana kita dapat mengetahui kehendak Tuhan bila kita tidak pernah membaca dan mendengar kehendakNYA dalam setiap firman yang tercantum didalam Alkitab?

Membaca, mendengarkan firman Tuhan dan membangun relasi yang baik dengan Tuhan setiap hari dalam saat teduh pribadi,  wajib hukumnya untuk anak-anak Tuhan. Hal ini akan menghindarkan kita dari perbuatan dosa yang akan membuat hidup kita dalam masalah.  Karena Roh Allah akan senantiasa memberikan kita hikmat dan kebijaksanaan dalam melangkah. 

Firman Tuhan menjauhkan kita dari masalah. Sudahkah kita menjalin relasi yang baik dengan Tuhan hari ini?

 

(ENW)

Photo: Istimewa

Share

Recent Sermons